Mesin Cerdas Bantu Perusahaan Prediksi Masa Depan

VIVA.co.id – PT Computrade Technology International atau CTI Group, perusahaan penyedia infrastruktur teknologi informasi kembali menggelar seminar dan pameran infrastruktur TI. Acara pameran yang keempat kalinya ini akan dilaksanakan pada 8 Maret 2017 di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Direktur CTI Group, Rachmat Gunawan, menyampaikan, tema CTI Summit tahun ini mengenai 'Machine Learning: Capitalizing the Information of Everything to Drive Your Digital Business'. Rachmat mengatakan, machine learning atau mesin cerdas akan membantu organisasi mengolah data dan informasi untuk pertumbuhan bisnis.

Selain profesional di bidang TI, Rachmat mengatakan, dalam pameran tersebut bakal hadir pakar di bidang pemasaran, keuangan, produksi, dan lainnya turut memberikan solusi saat seminar.

"Dahsyatnya pertumbuhan data di seluruh dunia, di mana sekitar 2,5 quintillion (dua tingkat di atas triliun) data digital tercipta per hari. Bisnis tidak lagi mampu menganalisis data tersebut secara tradisional untuk memperoleh insight (wawasan) penting,” ujar Rachmat dalam keterangannya, Kamis 9 Februari 2017.

Pada titik tersebut, Rachmat mengatakan, kehadiran machine learning atau mesin cerdas diperlukan untuk menganalisis data secara otomatis dan memprediksi masa depan untuk mendongkrak pemasukan.

Rachmat menambahkan, teknologi machine learning akan semakin krusial. Menurut data IDC, 75 persen enterprise dan pengembang software akan menerapkan fungsi machine learning dengan tool analitik bisnis yang lengkap, minimal dalam satu aplikasi perusahaan.

Sebagai informasi, machine learning merupakan bagian dari ilmu kecerdasan buatan yang memungkinkan mesin atau sistem mempelajari data tanpa pemrograman dan mengambil keputusan sendiri. Teknologi ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun kembali menjadi perhatian berkat kemajuan TI.

Machine learning sangat dikenal melalui terobosan mobil otonom. Machine learning juga digunakan di dunia bisnis, seperti perbankan, perawatan kesehatan, manufaktur, olah raga, dan hiburan.

source: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/880848-mesin-cerdas-bantu-perusahaan-prediksi-masa-depan